Friday, May 4, 2018

perbedaan android,iOS dan Windows Phone


Teman-teman pasti punya smartphone, atau mungkin yang teman-teman pake saat ini untuk melihat blog ini adalah smartphone? smartphone ini memiliki banyak sekali penggunanya dari mulai ibu rumah tangga, pekerja, pelajar dan lainnya. Apa jenis smarrtphone anda? android, ios , atau mungkin windows phone?. Setiap smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan serta memiliki antar muka pengguna yang berbeda-beda, contohnya android dan windows phone. Tetapi dengan adanya perbedaan di tiap-tiap smartphone menjadi salah satu hal yang indah dalam dunia gadget.

Adapun perbedaan-perbedaan dari android, ios dan windows phone sebagai berikut :

1. Android


Android adalah sebuah Operating System yang dikeluarkan oleh perusahaan internet raksasa yaitu Google. Dengan diluncurkan versi pertamanya pada tahun 2007 silam, kini OS keluaran Google ini sudah menguasai pasar ponsel dengan OS Android. Kepopuleran OS Android hingga mampu menguasai pasar ponsel di seluruh Dunia, Alasannya karena OS ini bersifat Open Source sehingga bisa digunakan diperangkat gadget lainnya selain di perangkat smartphone. Dengan sifatnya yang Open Source, OS Android ini memiliki banyak aplikasi-aplikasi pilihan yang tersedia dari para pengembang aplikasi, tempat aplikasi tersebut disebut dengan Play Store. Selain itu OS Android bisa digunakan pada smartphone dengan harga murah hingga harga termahal.

Dari sedikit uraian diatas, dapat disimpulkan :
1. Android adalah salah satu os yang populer di kalangan masyarakat.
2. Android bersifat open source sehingga dapat digunakan di perangkat gadget lain selain smartphone.
3. Android dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan internet raksasa yaitu google.
4. Android tidak hanya dapat digunakan pada perangkat smartphone, melainkan di perangkat gadget lainnya.
5. Android menyediakan softwarenya di aplikasi bawaannya yaitu google play store.

2. Windows Phone

Windows Phone merupakan Operating System yang dikembangkan oleh perusahaan terkemuka Microsoft yang diciptakan untuk menyaingi kepopuleran Android. Ketersediaan OS ini masih kalah populer oleh Android. Namun Microsoft terus berinovasi untuk terus melebarkan sayapnya menjadi pesaing utama dari Android. Smartphone yang familiar menggunakan OS ini adalah Nokia Lumia dan sekarang sudah mulai mengikuti seperti HTC dan Lenovo. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di OS Windows Phone masih kalah jauh dengan apa yang ada di Android.

Dari sedikit uraian diata dapat diambil kesimpulan bahwa :
1. Windows phone bersifat close source
2. Windows phone dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan microsoft.
3. Windows phone memiliki antarmuka yang flat (kotak-kotak)
4.Windows phone menyediakan aplikasinya di microsoft store
5.Windows phone menginstall setiap aplikasinya menggunakan microsoft stores

3. iOS

iOS merupakan OS yang diciptakan oleh perusahaan Apple, keberadaan OS ini hanya bisa digunakan pada perangkat Apple saja. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di iOS sudah cukup banyak, meskipun tidak bersifat Open Source seperti Android. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di iOS (AppStore) memiliki keamanan dari virus yang lebih baik dibandingkan dengan Android.

Dari sedikit uaraian diatas dapat disimpulkan bahwa:
1. Ios di ciptakan oleh perusahaan Apple sama dengan mac os
2. iOS hanya dapat digunakan pada perangkat Apple saja.
3. iOS memiliki aplikasi-aplikasi yang tidak bersifat opensource
4. iOS menyediakan aplikasi-aplikasinya di Appstore
5. Setiap aplikasi ios memiliki keamanan dari virus yang lebih baik ketimbang android.

Jika teman-teman punya pendapat sendiri tentang perbedaan-perbedaan yang saya telah sebtkan diatas atau teman-teman ingin menanggapi dan berkomentar, teman-teman dapat menyampaikannya pada kolom komentar di bawah....

No comments:

Post a Comment

leptop masa depan? inilah desain baru asus

Dikutip dari liputan6.com, project precog milik asus adalah laptop berlayar ganda lengkap dengan teknologi kecerdasan buatan (artif...