Thursday, April 19, 2018

apasih sistem operasi itu dan apa kegunaannya?



Operating system atau dalam bahasa indonesia disebut sistem operasi adalah sebuah sistem yang berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware (perangkat keras) dan lapisan software (perangkat lunak), dan sebagai perangkat lunak sistem yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen serta oprasi-oprasi dalam sistem. Termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka kecuali program booting.
Sistem operasi mempunya penjadwalan yang sistematis dengan mencakup perhitungan penggunaan memory, pemrosesan data, penyimpanan data dan lainnya.
Sistem operasi bertindak sebagai penghubung atau perantara antara perangkat keras dan program aplikasi .  Untuk perangkat keras, sistem operasi sebagai masukan dan keluaran serta alokasi memory. Secara umum, sistem operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang di tempatkan pada memory komputer pada saat komputer dinyalakan atau booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan. Sistim operasi juga akan melakukan layanan-layanan inti untuk software-software seperti akses ke disk, manajemen memory, penjadwalan, dan antarmuka user, baik yang bersifat grafik (GUI) atau yang bersifat commend line (CLI). Sehingga software tidak lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut.

sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
a. Mekanisme boot, yaitu meletakkan karnel kedalam memory.
b. Karnel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
c. Command interpreter atau yang biasa disebut dengan  shell, yaitu bertugas membaca input dari user atau pengguna.
d. Pustaka, yaitu menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar sehingga dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
e. driver, yaitu sebagai pengemudi atau pengontrol dari perangkat keras.

Sistem operasi yang umum digunakan pada pc atau komputer personal terbagi menjadi 3 yaitu:
1. sistem operasi microsoft windows
2. sistem operasi unix/linux
3.sistem operasi mac os

1. Microsoft windows, adalah salah satu sistem operasi komputer yang sangat populer dan banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat dunia, dari mulai windows versi 1.x , windows 9x , windows ME hingga terakhir windows 10.

2. Unix/linux, sistem operasi linux menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX seperti, SCO UNIX, keluarga BSD dan lainnya. Kini terdapat banyak sekali sistem operasi linux di dunia, dari perusahaan hingga kelompok. Adapun sistem operasi linux yang terkenal seperti debian, red hat, ubuntu, linux mint dll. Sistem operasi linux ini bersifat open source dan dapat dikembangkan secara bebas. Terdapat cukup banyak perusahaan hingga kelompok masyarakat yang mengembangkannya seperti google dan banyak lagi.

3. Mac os,  adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh apple dan menjadi sistem operasi yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat dunia. mac os kini telah merilis banyak versi seperti versi terbarunya yaitu sierra.

Sistem operasi juga bukanlah hanya digunakan pada pc atau notebook saja, melainkan sistem operasi juga digunakan pada perangkat mobile phone atau smart phone. Adapun sistem operasi mobile yang banyak dipakai yaitu :

1. Android, adalah salah satu sistem operasi mobile smart phone yang dikembangkan dan dibesarkan oleh perusahaan raksasa yaitu google. Hingga kini android menjadi salah satu sistem operasi mobile yang sangat di minati oleh banyak kalangan masyarakat. Bukan hanya dari segi tampilan, android juga kini menjadi lebih canggih dengan adanya bantuan-bantuan developer yang telah membuat banyak sekali aplikasi-aplikasi yang di butuhkan android. Android adalah merupakan salah satu turunan dari sistim operasi linux selain ubuntu mobile dan lainnya. Android juga kini telah ada untuk para pengguna pc dan notebook seperti : remix os yang menawarkan sistem berbasis android.

2. Ios, adalah salah satu sistem operasi mobile smart phone yang dikembangkan oleh perusahaan apple. Sistem operasi ini juga memiliki peminat yang sangat banyak di kalangan masyarakat.

3. Windows phone, adalah sistem operasi pada smart phone yang dikembangkan dan dibesarkan oleh perusahaan microsoft sama dengan microsoft windows pada pc. Sistem operasi ini walaupun masih terbilang baru untuk dunia smartphone, tetapi memiliki cukup banyak peminatnya. Karena merupakan sistem operasi baru bagi smart phone, tidaklah heran jika masih kurang lengkap atau masih sedikit aplikasi yang tersedia untuk windows phone ini. Kekurangan ini desababkan kurangnya developer yang membuat aplikasi untuk windows phone ini.

No comments:

Post a Comment

leptop masa depan? inilah desain baru asus

Dikutip dari liputan6.com, project precog milik asus adalah laptop berlayar ganda lengkap dengan teknologi kecerdasan buatan (artif...